Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tempat Suci



Candi
Saat kebudayaan jaman dahulu umat hindu memuja Ida Sang Hyang Widhi dengan cara menggunakan gunung sebagai lambang alam semesta tempat bersemayam Ida Sang Hyang Widhi. Semakin majunya kebudayaan dan peradaban manusia, kemudian gunung disimbolkan dengan candi. Candi sendiri merupakan hasil karya manusia yang berdasarkan pandangan umat Hindu adalah symbol dari alam semesta dan memiliki nilai religi yang tinggi. Candi merupakan tempat pemujaan dengan bentuk tiruan dari gunung ( gunung Maha Meru ).

Candi memiliki tiga bagian yaitu atap candi melambangkan alam atas (swah loka), badan candi melambangkan alam tengah atau alam antara (bwah loka) dan kaki candi melambangkan alam bawah (bhur loka). Ketiga bagian tersebut bisa disebut Tri Loka / tiga lapisan alam.
Candi-candi Hindu di Indonesia umumnya dibangun oleh para raja pada masa hidupnya. Arca dewa, seperti Dewa Wishnu, Dewa Brahma, Dewi Tara, Dewi Durga, yang ditempatkan dalam candi merupakan perwujudan leluhurnya. Bahkan kadang-kadang sejarah raja yang bersangkutan dicantumkan dalam prasasti persembahan candi tersebut. Didalam kitab Negara Kertagama, Pararaton, dan prasasti-prasasti yang ada di Indonesia meneyebutkan bentuk bangunan seperti diatas dengan nama Dharma atau Sang Hyang Sudharma.

Para raja Hindu membangun candi sebagai tempat pusat pengajaran agama, tempat menyimpan abu jenazah para raja, tempat pemujaan atau tempat bersemayam dewa, petirtaan (pemandian).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar