Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Anjing Shiba Inu

Anjing Shiba Inu merupakan jenis anjing yang berasal dari Jepang yang sudah ada sejak zaman kuno. Anjing tipe ini merupakan salah satu anjing terfavorit di Jepang. Tipe anjing berukuran sedang, dengan tinggi badan jantan sekitar 38-41 cm., sedangkan tinggi badan betina sekitar 35-38 cm.

Nama Shiba Inu yang berarti Anjing Shiba memiliki sekurangnya 3 macam teori asal-usul dari nama anjing ini. Ada yang mengatakan karena anjing jenis ini pintar menerobos semak-semak sewaktu menemani berburu, ada yang yang mengatakan karena warna bulu coklat kemerah-merahan bagaikan terbakar matahari hingga mirip warna ranting semak-semak yang kering (shiba aka; merah semak-semak), ada yang mengatakan karena "kecil" (bahasa Jepang kuno untuk "kecil" adalah shiba). Selain itu, ada yang mengatakan jenis anjing ini asli dari kampung Shiba yang ada di daerah Shinshu.

Penampilan dan sifat

Shiba Inu memiliki bulu pendek tetapi tebal seperti karpet, bulu terdiri dari dua lapis, bulu luar yang kasar dan bulu dalam yang tebal dan halus. bulu dalam akan rontok secara berkala dan digantikan bulu baru sebanyak 2-3 kali setahun. Warna bulu coklat kemerah-merahan walaupun ada juga yang hitam, dengan lapisan bulu sebelah dalam berwarna coklat muda hingga abu-abu.

Shiba Inu memiliki telinga yang berdiri tegak dan ekor melengkung kearah kepala.

Anjing ini memiliki sifat yang periang, aktif, sangat waspada terhaap orang asing dan setia dengan majikannya. Oleh krena itu, anjing ini sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai anjing penjaga. Anjing ini juga senang jika diajak berburu, ukuran tubuhnya yang kecil dengan lincah dapat menangkap seekor kelinci dihutan yang rimbun.

Tinggi badan jantan sekitar 38-41 cm., sedangkan tinggi badan betina sekitar 35-38 cm.



Penyakit

Penyakit yang sering diderita anjing Shiba adalah katarak, displasia pinggul, dislokasi tempurung lutut.

Keunggulan

Shiba Inu tahan terhadap cuaca yang dingin bersalju tetapi juga dapat beradaptasi dicuaca yang sangat panas.

Dapat diandalkan sebagai anjing pemburu dan anjing penjaga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar