Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Misteri Lautan Horse Latitudes


The Limbo of the Lost adalah merupakan julukan bagi kawasan laut yang meliputi New Jersey, Teluk Meksiko dan lautan atlantik sampai kepulauan azores. Limbo adalah jurang tanpa tepi, tanpa dasar dengan kedalaman tak terkirakan.

Julukan tersebut muncul akibat begitu banyaknya kapal yang tak pernah sampai tujuan, begitu melewati perairan ini. Menyerupai pemakaman kapal yang luas terhampar. Konon di sini tertimbun kapal-kapal dari berbagai zaman, bercampur-baur dengan tulang belulang manusia dan binatang. Bukan hanya itu, limpahan harta karun pun turut melebur didalamnya.

Horse Latitudes adalah kawasan laut yang merupakan salah satu bagian dari The Limbo of the Lost. Letaknya di sebelah utara lautan sargasso yang juga bagian dari kawasan limbo. Menurut cerita penduduk setempat, begitu tenangnya kawasan yang dikenal sangat angker itu, sehingga para pelaut zaman dulu bisa membaca sepanjang malam hanya dengan diterangi oleh cahaya lilin.

Tetapi, setiap kapal yang melayari kawasan itu harus bersabar selama tiga bulan penuh, sebelum berhasil melewatinya. Kenapa? karena disana hembusan angin sama sekali lumpuh. Tak ada sama sekali! suasananya benar-benar begitu sunyi. Didasar lautan ini membujur serangkaian pegunungan bawah laut yang mempunyai tebing dan ngarai terjal; hateras dan nares abysal, bermuda rise dan disebelah timurnya sebaghian dari bukit barisan north atlantik ridge. Puncak-puncak tertinggi dari bukit barisan ini membentuk kepulauan azores.

Konon nama horse latitudes (lintang kuda) sendiri memiliki asal-usul yang menarik, Kisahnya dimulai tatkala banyaknya kapal yang melintasi kawasan ini dengan muatan kuda terjabk selama berbulan-bulan. Karena hujan sudah lama tak turun, sementara laju kapal teramat lambat akhirnya persediaan air tawar semakin menipis.

Karena keadaan yang begitu rawan dan untuk menghemat air, maka terpaksa sebagian kuda-kuda dilempar ke laut. Nah konon, roh-roh kuda inilah yang bergentayangan dikawasan ini. Roh-roh kuda itu bertekad balas dendam pada setiap kapal yang memasuki daerah kekuasaannya. Tentu saja pendapat ini kebenarannya masih perlu dibuktikan dan tentunya tidaklah mudah membuktikan fenomena gaib karena ia akan selalu menjadi misteri bagi kehidupan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar