Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Russia Meresmikan Monumen untuk Laika (Anjing Luar Angkasa)




Moscow (AP) – Pada hari Jumat (11 April 2008), seorang pegawai Russia memperkenalkan sebuah monument untuk Laika, seekor anjing yang terbang ke Luar Angkasa lebih dari 50 tahun yang lalu, yang membuka jalan untuk misi-misi manusia ke Luar Angkasa.

Monumen kecil ini letaknya berada di dekat sebuah fasilitas penelitian militer di Moskow yang mempersiapkan penerbangan Laika ke Luar Angkasa pada tanggal 3 November 1957. Monumen itu menggambarkan seekor Anjing yang berdiri di atas sebuah roket.

Sedikit sekali pengetahuan tentang dampak dari penerbangan Luar Angkasa terhadap kehidupan pada saat Misi Laika diluncurkan. Beberapa percaya bahwa mereka tidak dapat bertahan hidup pada saat peluncuran roket atau pada kondisi berada di luar angkasa, jadi engineer Luar Angkasa Soviet menganggap perlu adanya penerbangan dengan Anjing sebelum mengirim misi manusia.

Semua Anjing yang digunakan di program Luar Angkasa Soviet adalah Anjing Campuran Liar – para dokter percaya mereka dapat beradaptasi lebih cepat pada kondisi yang buruk. Semua anjing tersebut berukuran kecil sehingga mereka dapat masuk ke kapsul kecil.

Laika yang berumur 2 tahun terpilih untuk penerbangan tersebut sembilan hari sebelum peluncuran.



Cerita mengenai bagaimana dia terpilih sangat bervariasi: beberapa mengatakan bahwa Laika dipilih karena memiliki tampilan yang bagus – Pelopor Luar Angkasa Soviet harus photogenik. Sedangkan yang lain mengatakan pilihan utama dijatuhkan kepadanya karena dokter kasihan kepadanya. Karena tidak ada kesempatan untuk mendesain kendaraan kembali ke bumi pada saat persiapan peluncuran, penerbangan tersebut berarti kematian yang pasti.

Satelit yang membawa Laika menuju orbit dibangun dalam waktu kurang dari satu bulan setelah Uni Soviet menaruh satelit buatan pertama ke orbit pada tanggal 4 Oktober 1957.

Karena masalah teknis pada menit terakhir, Laika harus menunggu peluncuran di dalam kabin selama 3 hari. Dengan temperatur yang rendah, para pekerja menghangatkan kokpit tersebut menggunakan sebuah selang.

Ketika Laika mencapai orbit, para dokter menemukan dengan lega bahwa detak jantung dan tekanan darahnya yang meningkat pada saat peluncuran kembali normal. Dia memakan makanan yang telah disediakan khusus pada tempatnya.

Menurut laporan resmi Soviet, anjing tersebut meninggal setelah seminggu.

Setelah Uni Soviet runtuh, partisipan dalam proyek tersebut menceritakan kisah sebenarnya: Laika seharusnya meninggal melalui suntikan yang telah direncanakan, tetapi kelihatannya dia mati karena overheat (kepanasan) beberapa jam setelah mengorbit.

Beberapa anjing yang lain mati dalam kegagalan peluncuran sebelum penerbangan Luar Angkasa yang sukses – dan yang kembali dengan selamat ke Bumi – berisikan Anjing-anjing: Belka dan Strelka pada bulan Agustus 1960.

Setelah beberapa penerbangan dengan Anjing, Uni Soviet menempatkan manusia pertama di Luar Angkasa (Yuri Gagarin) pada tanggal 12 April 1961.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar